Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Blog ini berisi seputar ilmu komunikasi, teks lagu mandarin dan beberapa perenungan hidup pribadi sang blogger ^^..

Pengertian Budaya




Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss (2000, p.237) mengemukakan bahwa budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya sendiri terbentuk dari unsur-unsur yang kompleks, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
Budaya berkaitan erat dengan komunikasi, yang mana kita mempelajari budaya melalui komunikasi, dan pada saat yang sama pula komunikasi merupakan refleksi dari budaya kita (Samovar & Porter, p25). Ridoguez (dalam Samovar & Porter, 2010, p.26) mengatakan bahwa budaya berisi tentang bagaimana kita berhubungan dengan orang lain, bagaimana kita berpikir, bagaimana kita bertingkah laku dan bagaimana kita melihat dunia ini. Edward T. Hall (dalam Samovar & Porter, 2010, p.26) juga mengemukakan bahwa tidak ada satu aspek pun dalam manusia yang tidak tersentuh dan tidak dirubah oleh budaya.




Sumber:

Samovar, L.A., Porter, R.E & McDaniel E.R. (2010). Komunikasi Lintas Budaya (Communication Between Cultures) (Indri Margaretha Sidabalok, Trans.). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Tubbs, S.L. & Moss, S. (2000). Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar