Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Blog ini berisi seputar ilmu komunikasi, teks lagu mandarin dan beberapa perenungan hidup pribadi sang blogger ^^..

Indeks Kekerasan (Violence Index) Gerbner




Kemunculan teori kultivasi dilatarbelakangi situasi pada tahun 1960-an di Amerika. Ketika itu terdapat dugaan adanya hubungan antara banyaknya muatan kekerasan dalam tayangan televisi dengan perilaku agresi dan kekerasan di masyarakat. Para penelti pun mulai mempelajari keterkaitan di antara keduanya.
Gerbner membuat indeks kekerasan (violence index), yaitu suatu penelitian mengenai analisis isi tayangan televisi pada jenis tayangan drama karena memiliki muatan kekerasan paling banyak dibandingakan dengan jenis tayangan lainnya yang disebutnya sebagai kekerasan dramatik (dramatic violence) yang didefinisikan sebagai:
The overt expression of physical force (with or without a weapon, against self of others) compelling action against one’s will on pain of being hurt and/or killed or threatened to be so victimized as part of the plot.
Definsi tersebut tidak memasukkan ucapan-ucapan kasar, ancaman yang tidak terwujud atau adegn seseorang membawa kue tar dan menghantamkannya ke wajah seseorang, tetapi memasukkan berbagai adegan kekeraan di film kartun, misalnya menunjukkan satu karakter yang badannya gepeng dilindas mesin giling atau badan yang terbelah oleh gergaji, dan sebagainya.
Setelah mengalami beberapa kali perbaikan, indeks kekerasan yang dikeluarkan secara tahunan itu menunjukkan dua hal yang mengejutkan. Pertama, jumlah muatan kekerasan dalam tayangan televisi berada pada level yang sangat jauh di atas jumlah kekerasan yang sebenarnya. Kedua, meski begitu, jumlah kekerasan dalam tayangan televisi setiap tahun cenderung stabil atau berada pada level yang sama. Tidak ada pola yang menunjukkan peningkatan muatan kekerasan sebagaimana diduga orang sebelumnya. Dengan kata lain, asumsi yang menyatakan bahwa peningkatan muatan kekerasan di televisi akan meningkatkan perilaku agresi dan kekerasan di masyarakat tidak terbukti.
Gerbner membagi penonton televisi menjadi 2, kelompok ringan (light users) yang menghabikan kurang dari 2 jam untuk menonton televisi, dan kelompok berat (heavy users atau yang disebu juga television type) yang menonton televisi minimal 4 jam. Gerbner menyatakan, kelompok berat akan memiliki kepercayaan atau keyakinan yang berlebihan mengenai dunia yang jahat dan menakutkan (mean and scary world) dan bahwa dunia luar adalah hutan rimba (a jungle out there) dibanding kelompok ringan. Proses kultivasi ini disebut mainsteaming atau “ikut arus utama”, yang menjelaskan bahwa televisi mampu embuat audiensnya menjadi homogen sedemikian rupa sehingga mereka akan memiliki orientasi, perspektif dan makna yang sama satu sama lain. Sindrom dunia jahat (mean world syndrome) yang diungkapkan Gerbner terdiri atas: (a) kemungkinan mengalami peristiwa kekerasan, (b) takut berjalan sendirian di malam hari, (c) persepsi terhadap aktivitas polisi, dan (d) ketidakpercayaan pada orang lain.
Kultivasi juga dapat terjadi melalui resonansi. Proses resonansi dijelaskan ketika televisi menayangkan realitas yang sebenarnya terjadi di masyarakat, misalnya perampokan, dan audiens yang menonton pernah dirampok. Audiens tersebut akhirnya akan kembali mengulang-ulang ingatan akan peristiwa tersebut. Kondisi ini memberikan dosis ganda (double dose) terhadap pesan yang akan memperkuat proses kultivasi, sebagaimana yang dikemukakan Gerbner,
The congruence of the television world and real-life sircumstances may ‘resonate’ and lead to markedly amplified cultivation patterns.” (Morrisan, Wardhani, dan Hamid U., 2010, hlm.109-114).
 




Sumber:

Morrisan; Andy C.W.; Farid H.U. (2010). Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Nina Tun mengatakan...

Disini aku mau Sharing aja ya
Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

Posting Komentar