Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Blog ini berisi seputar ilmu komunikasi, teks lagu mandarin dan beberapa perenungan hidup pribadi sang blogger ^^..

Keputusan Sendirian dan Keputusan dengan Bantuan dalam Komunikasi Organisasi


Seorang pemimpin dalam organisasi harus mengetahui bilama keputusan dapat diambil secara individual dan bilamana membutuhkan bantuan orang lain atau bersama-sama dengan orang lain.

Yang dapat membantu mengambil keputusan adalah:
1.      Staff (staff ahli, staff umu, staff khusus)
Staffwork (telaahan staff) diperlukan bila masalah yang dihadapi dan keputusan yang harus diambil mengandung banyak data, detil-detil teknis, sehingga memerlukan pengerjaan yang memerlukan keahlian tertentu dan banyak memakan waktu serta tenaga.

2.      Dewan atau panitia
Dibutuhkan bila masalah yang dihadapi dan keputusan yang harus diambil mengandung banyak hal yang berhubungan dengan kepentingan-kepentingan golongan-golongan, sehingga perlu adanya forum sebagai kesempatan bagi para wakil golongan mengutarakan kepentingannya masing-masing.

3.      Rapat
Diperlukan apabila masalah yang dihadapi dan keputusan yang harus diambil memerlukan partisipasi yang jelas dan tegas dari bawahan, dan bila karena kelengahan secara teknis sedikit saja dapat menggagalkan atau menentukan hasilnya.

4.      Training Division
Hal ini diperlukan bila masalah yang dihadapi dan keputusan yang harus diambil memerlukan kerjasama. Hal ini khususnya terjadi di organisasi-organisasi yang telah modern.


Source/sumber: Atmosudirdjo, Prajudi. 1982. Pembuatan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar