Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Blog ini berisi seputar ilmu komunikasi, teks lagu mandarin dan beberapa perenungan hidup pribadi sang blogger ^^..

Ruang Lingkup Komunikasi Organisasi

Ruang lingkup komunikasi organisasi merupakan ranah komunikasi yang berkaitan dalam komunikasi organisasi. Oleh karena itu ada terdapat beberapa ruang lingkup komunikasi organisasi yang juga merupakan ranah komunikasi secara mendasar.

Ruang lingkup komunikasi organisasi dapat terbagi menjadi 10, yakni:

1. Komponen Komunikasi
Yakni meliputi sender, message, receiver, media, encoding, decoding, response (respon), feedback (umpan balik), dan gangguan (noise)


2. Proses Komunikasi
Proses komunikasi terbagi menjadi 2, yakni:

~ Proses primer
= Yakni komunikasi yang terjadi langsung tanpa melalui media

~ Proses Sekunder
= Yakni komunikasi yang terjadi melalui media


3. Bentuk Komunikasi
Bentuk komunikasi yang termasuk dalam ranah komunikasi adalah:

~ Komunikasi persona
= Meliputi komunikasi intrapersona dan antar persona

~ Komunikasi kelompok
= Meliputi komunikasi small group dan large group

~Komunikasi Massa
=yakni melalui media massa dalam penyampaian dan penerimaan pesan, yang ditujukan untuk publik.

~ Komunikasi Medio
=yakni melalui media-media khusus, namun tidak ditujukan untuk publik. Seperti surat, telepon, dsb.


4. Sifat Komunikasi
Sifat komunikasi organisasi antara lain:

  • Face to face
  • Mediated
  • Verbal
  • Nonverbal


5. Metode Komunikasi
Sedangkan dalam metodenya, komunikasi organisasi dapat dengan hal-hal berikut:
  • Jurnalistik
  • Public Relations
  • Exhibition / pameran
  • Advertising / iklan
  • Penerangan
  • Propaganda
  • Psychologycal Warfare
  • Penerangan


6. Teknik Komunikasi
Teknik komunikasi yang dapat digunakan dalam komunikasi organisasi adalah:
  • Komunikasi informatif
  • Komunikasi yang persuasif
  • Komunikasi Instruktif
  • Komunikasi Relation


7. Tujuan Komunikasi
Tujuan adanya komunikasi organisasi antara lain:
~ Attitude Change
~ Opinion Change
~ Behavioural Change
~ Social Change


8. Fungsi Komunikasi
= to inform
= to educate
= to influence


9. Model Komunikasi
Model Komunikasi yang termasuk dalam ranah komunikasi organisasi adalah:
- Hipodermik
- Uses and Gratification
- Agenda Setting
- Difusi Informasi


10. Bidang Komunikasi
Terdapat 9 bidang komunikasi organisasi:
= Komunikasi sosial
= Organisasional
= Bussiness communication (perusahaan)
= Komunikasi antar budaya
= Komunikasi politik
= komunikasi internasional
= Lingkungan
= Tradisional
= Pembangunan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar